by

Pembahasan RUU HIP Dilanjutkan Setelah Pandemi Covid 19

Pembahasan RUU HIP Dilanjutkan Setelah Pandemi Covid 19.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan,

“DPR sebagai rumah rakyat tentunya menyetujui dan menyepakati apa yang telah diputuskan oleh pemerintah,”

selama ini DPR belum memulai pembahasan, Menurutnya, DPR mendengar suara publik yang menolak RUU tersebut.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS Sukamta juga sepakat untuk menunda pembahasan RUU HIP. Menurut dia, dalam situasi pandemi seperti ini, begitu riskan membahas hal seperti itu.

“Dalam kondisi pandemi dan krisis ekonomi yang membayangi ini, sangat riskan membahas ideologi negara dengan tafsir tertentu yang bisa membuat ketegangan,”

semua orang sedang dirundung masalah dan mudah stres. Karena itu dia khawatir, pembahasan RUU ini bisa mengoyak persatuan bangsa Indonesia.

Pancasila sebenarnya sudah final dan tidak perlu diotak-atik lagi.

“Lebih baik dibiarkan menjadi ideologi terbuka seperti sekarang ini. Semua kelompok bisa menafsirkan sesuai dengan latar belakangnya masing masing,”

demi kebaikan NKRI lebih baik RUU HIP dibatalkan. “Kita fokus melakukan perang melawan pandemi dan recovery ekonomi nasional,”

Baca Juga Demokrasi Indonesia dan Arah Perkembangannya di Masa Pandemi COVID-19

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan sikap pemerintah terhadap pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Hasilnya, Wapres Ma’ruf mengaskan, pemerintah secara resmi menyampaikan sikap kepada Parlemen untuk menunda pembahasan RUU tersebut.

“Saya menyampaikan sikap pemerintah untuk menunda, setelah pemerintah membahasnya RUU HIP, maka pemerintah mengambil keputusan untuk menunda,” tegas Ma’ruf

 

Facebook Comments

PERDANANEWS