by

Tips Sukses Cari Kerja Ditengah Pandemi

tips sukses cari kerja itu perlu karena sampai Mei 2020 Kementerian Ketenagakerjaan mencatat pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan di tengah pandemi mencapai 2,9 juta orang.

Untuk memulai bisnis baru itu lumayan memberatkan, maka untuk bagaimana bisa bertahan hidup ditengah kondisi pandemi adalah berusaha mencari pekerjaan baru yang mungkin saja itu bisa sangat berbeda dibanding pekerjaan yang selama ini dikerjakan.

berikut tips sukses dalam mencari pekerjaan baru:

  • Tanya

tanya yang dimaksud ini adalah dengan cara  mengobrol dengan orang yang bekerja di perusahaan yang Anda inginkan. Mungkin tak harus perusahaan yang jadi target Anda tetapi setidaknya orang yang bekerja di bidang yang Anda inginkan.

“Bertanya tentang berbagai informasi adalah bagian dari penelitian dan membangun relasi,” kata Noelle Gross, career coach di Stamford, Conn.

Gross menyarankan untuk menanyakan kesempatan yang didapat selama bekerja, masalah di departemen yang perlu dipecahkan juga siapa saja yang perlu diajak mengobrol untuk memperoleh lebih banyak informasi.

  • Tambah dan Pakai Kata Saktiremote-friendly’

kondisi pandemi mengharuskan beberapa pekerjaan dilakukan secara WFH (Work From House). Sangat penting untuk menunjukkan bahwa Anda bisa dan berpengalaman bekerja secara remote atau jarak jauh. ditambah untuk bisa menyebutkan teknologi spesifik yang Anda kuasai dan mendukung kerja remote seperti GotoWebinar, Zoom atau Google Meet. Sertakan pula pengalaman Anda menggunakan perangkat-perangkat pendukung ini dan kemudahan yang dirasakan saat bekerja di perusahaan lama berkat teknologi.

Selain itu, sertakan soft skill yang mendukung kerja remote seperti manajemen waktu atau komunikasi tertulis.

Baca Juga: Alasan Gojek Melakukan PHK Terhadap 430 Karyawan

  • Riset perusahaan

Sebagian perusahaan melepaskan pekerja, sebagian lainnya mencari karyawan baru. Melansir dari Forbes, survei dari Society of Human Resource Management (SHRM) menemukan sebanyak 31 persen organisasi layanan kesehatan secara aktif merekrut dan 16 persen bersifat segera.

Akses situs-situs LinkedIn.com, FlexJobs.com, Job-Hunt.org yang memiliki informasi daftar perusahaan yang saat ini memang membuka lowongan.

  •  Evaluasi surat lamaran kerja

Melansir dari Indeed, evaluasi kembali surat lamaran (cover letter) dan resume atau CV. Kemudian cek lagi posisi dan perusahaan yang dituju.

Ajukan lamaran tetapi jangan menunggu hingga Anda mendapat jawaban dari perusahaan yang dituju. Sembari menunggu, terus ajukan lamaran di perusahaan lain dan lakukan evaluasi.

  • Pantau Sosial Media

Survei dari Jobtive menunjukkan sebanyak 58 persen perekrut menggunakan media sosial seperti Facebook, LinkedIn bahkan Instagram untuk mempromosikan brand mereka sekaligus mencari pekerja baru. dan bisa terhubung dengan perusahaan impian dengan memantau (follow) media sosial mereka.

 

 

Facebook Comments

PERDANANEWS