by

Bekasi Menerapkan Tilang Elektronik, dimana saja lokasi nya

Bekasi Menerapkan Tilang Elektronik dan akan segera dilaksanakan. Wakapolres Metro Bekasi AKBP Alfian Nurrizal mengatakan “Bulan ini kita akan membicarakan terkait itu (persiapan tilang elektronik),”

Tilang elektronik akan diterapkan di 3 ruas jalan protokol di Kota Bekasi. Alfian menyebut 3 lokasi itu masih akan dievaluasi kembali bersama dengan Pemkot Bekasi.

Layaknya sistem tilang elektronik di Jakarta, kamera CCTV, polisi bisa memantau dan mengidentifikasi pelanggar lalu lintas. Pengendara yang melanggar akan mendapatkan surat tilang yang dikirim ke alamat sesuai identitas kendaraan bermotornya.

“Di stasiun (Jalan Ir H Juanda), Jalan Ahmad Yani sama (Jalan) I Gusti Ngurah Rai. Tapi ini (lokasi) masih kita diskusikan dengan Dishub ya,”

Salah satu alasan penerapan tilang elektronik di tiga ruas jalan tersebut adalah sering terjadi pelanggaran lalu lintas.

“Karena kita melihat dari angka banyak pelanggaran, perbandingan dari tahun 2019 ke 2020 di situ kita membandingkan berapa banyak jumlah (pelanggaran) dan di mana saja ruas jalan itu. Itu yang akan kita analisa dan evaluasi,”

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program 100 hari kerja yang salah satunya pemasangan E-TLE. Korlantas turut mendukung program itu dan akan memasang E-TLE di 19 wilayah hukum Polda.

“Nah seandainya ini semua dibangun E-TLE, nanti targetnya ya kita ini pada program 100 hari Bapak Kapolri, ada sekitar 19 polda yang akan kita lakukan (pemasangan ETLE),” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono

Dari 19 polda, 5 polda akan rampung pada Maret 2021, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, dan Polda DIY

Baca Juga: Tidak Pakai Masker , Tidak Kena Tilang Saat Operasi Patuh

“Karena masih dalam tahap pengujian, maka kami belum akan tilang, masih uji coba. Tapi tetap yang tertangkap akan kita kirimkan surat, tapi belum akan didenda tilang. Selain itu kita juga masih sosialisasikan di kawasan itu kepada pengendara, agar mereka mengetahuinya sebelum benar-benar akan diterapkan,” Seperti yang disampaikan Kasat Lantas Bekasi Rachmat Sumekar,

“Iya betul kami sudah mulai melakukan pengujian da an sosialisasi untuk bisa menerapkan tilang elektronik atau E-TLE di wilayah Bekasi selama 1 bulan,” jadi diharapkan masyarakat sudah siap bila pada akhirnya Bekasi Menerapkan Tilang Elektronik

 

 

Facebook Comments

PERDANANEWS